Selasa, 05 Juli 2011

Brazil Memalukan!

Perhelatan Copa America 2011 sudah dimulai yang bertempat di Argentina. Dengan menjadi tuan rumah Argentina difaforitkan teratas untuk menjadi juara. Selain Argentina ada satu negara yang menjadi salah satu faforit juara yaitu Brazil. Dengan skuad baru yang berbeda dengan skuad piala dunia 2010 Brazil bertekad menjuarai kompetisi tertinggi di Amerika Selatan ini.

Dalam menghadapi Copa America Brazil banyak memanggil pemain muda seperti Ganso, Neymar, Lucas, Ramires, Sandro dll. Dan melupakan pemain senior yang berpengalaman seperti Kaka, Felipe Melo, Harapan publik terhadap skuad baru Brazil sangat tinggi karena mereka percaya skuad Brazil sekarang ini adalah melawan skuad bayangan pada piala dunia 2014.

Harapan publik ternyata terlalu tinggi, karena pada partai perdana Brazil saat melawan Venezuela Brazil ditahan imbang tanpa gol. Kalau dilihat di atas kertas seharusnya Brazil dapat dengan mudah mengalahkan Venezuela, tetapi itulah indahnya sepak bola. Hasil akhir pertandingan tidak bisa ditebak sampai wasit meniupkan peluit akhir.

Dalam partai perdana kemarin kelemahan Brazil justru berada di lini depan mereka, sungguh ironi karena selama ini Brazil sangat terkenal dengan striker mautnya. Untuk di lini belakang tidak bermasalah karena masih ada pemain senior dan pengalaman seperti Lucio, Daniel Alves, dan Julio Cesar. Justru di lini belakanglah kekuatan terbaik Brazil sekarang ini bukan di lini depan.

Di lini depan? Dengan mengharapkan Pato, Neymar, dan Robinho sangat susah. Ketiga pemain ini adalah striker dengan tipe yang sama dan penyerangan Brazil pasti akan terbaca. Setelah lini depannya lemah di lini tengah juga sama saja, Ganso sosok yang diharapkan bersinar tidak bisa melakukan apa apa. Ramires? Penampilan yang tidak konsisten musim lalu bersama Chelsea masih sama saja dan dibawa saat berlaga melawan Venezuela.

Hasil seri 0-0 bertambah menyakitkan karena pada tahun 1999 di ajang yang sama Brazil membantai Venezuela dengan skor 7-0. Jika tidak ada perubahan yang berati sebaiknya publik Brazil jangan bermimpi memenangkan piala dunia karena di copa america langkah Brazil untuk menjadi juara sangat berat. Selain Argentina masih banyak negara hebat lainnya seperti Uruguay, Mexico, Chili, dan Paraguay.

0 komentar:

Posting Komentar