Selasa, 28 Juni 2011

Loyalitas Tanpa Batas dari Suporter

Sepak bola merupakan salah satu olah raga paling faforit di seluruh dunia. Selain dari segi permainan, suporter dari masing - masing klub ataupun timnas merupakan salah satu daya tarik dari olah raga ini. Disamping stadion yang megah. Keberadaan suporter bagi suatu tim sangat penting keberadaannya.

Arti suporter bagi suatu tim sangatlah berati, harga jual atau kelansungan hidup suatu tim tidak terlepas dari berapa besar pengeluaran para suporter. Mulai dari membeli tiket pertandingan sampai membeli berbagai merchandise (jersey, syal, gantungan kunci dll). Tim tersebut tentu akan berusaha tampil semaksimal mungkin untuk membalas jasa para fans tersebut dan memberikan hadiah bagi suporter dan fansnyanya yaitu gelar juara.

Ikatan yang terjadi antara suporter, tim, dan pemain sangat tinggi. Tidak jarang beberapa pemain yang merasa tersanjung karena selalu mendapat dukungan dari suporternya. Seperti contohnya Gianluigi Buffon. Penjaga gawang utama Juventus dan Itali ini mengaku tidak meninggalkan Juventus karena ingin membalas rasa cinta dari suporter Juventus yang telah diberikannya. Buffon mengaku bahwa dirinya sudah terlanjur cinta sama Juventus karena mendapat perlakuan yang istimewa dari suporternya.

Begitu juga para suporter, jika mereka sudah terlanjur mencitai pemain sepak bola, pemain tersebut menjadi kebanggaan bagi tim tersebut. Seperti contoh yang terjadi di kota Firenze Itali, markas dari klub Fiorentina. Disana terpajang satu patung pahlawan sepak bola mereka, Gabriel Omar Batistuta. Ikatan yang kuat dari suporter membuahkan sebuah patung yang dipajang di kota tersebut.

Belakangan ini banyak ditemukan suporter yang hanya mendukung timnya pada saat di atas lebih dikenal dengan glory hunter tetapi pada saat timnya di bawah mereka meninggalkan tim tersebut dan mengganti dukungan kepada tim lain. Dua jempol patut dicungkan kepada Bonek, Juventini, Laziale, Viola, dan baru - baru ini suporter Riverplate. Dimana mereka selalu setia mendukung tim kesayangannya hingga meraih prestasi tinggi.

Banyak orang yang menyamakan arti suporter dan fans, tetapi arti dari suporter dan fans sudah sangat jelas berbeda, suporter merupakan kumpulan orang yang selalu mendukung tim tersebut tanpa peduli apa yang terjadi dengan tim tersebut dan biasanya selalu datang ke stadion sebagai bentuk nyata dari suporter tersebut. Sedangkan fans hanyalah kumpulan orang yang hanya senang atau mengagumi tim tersebut pada suatu keadaan tertentu. Lalu bagaimana dengan kita orang Indonesia yang selalu mendukung tim faforitnya yang di Eropa? Memang bisa dibilang suporter, tetapi lebih tepatnya suporter layar kaca, karena permainan tim tersebut hanya bisa disaksikan lewat layar kaca dan tidak bisa datang ke stadion lansung.





0 komentar:

Posting Komentar