Jumat, 19 Februari 2010

Pemain bola berkaki cepat akan menghilang

Sepak bola adalah permainan tim yang mengandalkan 11 pemain di lapangan untuk meraih kemenangan. Dalam ke 11 pemain tersebut banyak formasi dan pemain yang bisa dibuat dalam suatu pertandingan, yup itu lah salah satu daya tarik sepak bola yaitu banyaknya srategi yang bisa berubah tiap pertandingan tergantung dari kebutuhan tim pada saat itu.

Dalam sebuah tim keseimbangan tim sangatlah dibutuhkan, bahkan pada sepak bola modern zaman sekarang ini seorang penyerang harus bisa dituntut untuk bertahan begitu juga sebaliknya seorang pemain belakang dituntut untuk bisa membantu penyerangan bahkan tidak jarang bek ikut membuat gol. Dengan makin seimbangnya suatu tim maka makin solid pula kekuatan tim tersebut.

Pada era sepak bola modern sekarang ini, pemain berkaki cepat jarang mendapatkan tempat di timnya sekarang, kalaupun mendapat kesempatan bermain itupun hanya sekali dan lebih sering dihabiskan duduk di bangku candangan. Mengingat pada sepak bola modern sekarang ini lini pertahanan tim sepak bola dari waktu ke waktu bertambah ketat dan rapat. Tentu hal tersebut akan membuat susah para pemain bola yang berkaki cepat dalam membongkar lini pertahanan. Banyak pemain bola bertipe seperti itu sudah mulai kehilangan taji dan tempat di timnya, seperti Kalou ( Chelsea ) Giovinco ( Juventus ), Walcott ( Arsenal ), Lennon ( Tottenham )Robinho ( Manchester City ) dan masih banyak lagi.

Guna menghadapi ketatnya lini pertahanan dibutuhkan seorang pemain yang mempunyai visi permainan yang bagus yang menjadi otak permainan dalam tim tersebut.
Contoh pemain yang mempunyai visi yang bagus Pirlo ( Ac Milan ) Xavi ( Barcelona ) Marchisio ( Juventus ) dan masih banyak lagi. Dengan adanya pemain - pemain seperti mereka akan mendukung permainan tim dan pemain yang berkaki cepat. Peran Messi di Barcelona sangat tertolong dengan topangan dari Xavi.

Akan tetapi tanpa kehadiran pemain - pemain seperti Walcott, Lennon dkk pertandingan sepak bola akan menjadi jenuh karena permainan pasti akan berjalan lambat n tidak menarik untuk dilihat. Sudah merupakan tugas manager dari suatu tim untuk mengatasi situasi ini bagaimana pemain berkaki cepat dapat bertahan di dalam ketatnya sepak bola modern. Permainan Arsenal sekarang, Spanyol pada Euro 2008 dan Republik Ceko pada Euro 2004 ini dapat dijadikan contoh bagi setiap manager untuk menciptakan permainan yang atraktif. Tentu saya sebagai pencinta sejati sepak bola mengaharapkan akan terciptanya suatu aroma pertandingan yang kompetitif, atraktif, dan tetap menjunjung tinggi fair play.





0 komentar:

Posting Komentar